Stimulus Pertumbuhan Akar Stek Batang

Peransang akar - Root stimulant (tani sukses). Salah satu perkembang biakan tanaman paling mudah adalah stek batang, dengan stek kita bisa menghasilkan tanaman baru yang memiliki sifat persis seperti induknya. Misalnya saja jambu air yang manis, kalau kita tanam biji jambu tersebut masih ada kemungkinana tumbuh jambu yang asam. Berbeda halnya dengan stek, bisa dipastikan buahya akan sama persis dengan induknya.
hormon peransang tumbuh akar stek batang daun

Itulah salah satu kelebihan perkembang biakan dengan stek batang, namun ada kekurangannya yakni akar tidak sekuat perkembangan biakan dengan biji (generatif), selain itu kegagalan stek cukup tinggi, karena menumbuhkan akar baru pada potongan batang cukup sulit. Persentase keberhasilan hanya 50% saja bila dibandikan dengan menanam biji.

Untuk itu pada kegiatan stek batang sering ditambahkan peransang pertumbuhan akar, merek stimulan akar (boster) cukup banyak salah satu merek peransang pertumbuhan akar yang sering digunakan adalah root up. Produknya banyak dijual di toko pupuk pertanian, bentuknya ada berupa cairan dan ada berupa butiran. Harga peransang akar root up sekitar Rp. 50 ribuan (kemasan botol berat 150 gr).

Dimana bisa beli peransang akar stek? kalau sulit atau tidak dijual di toko pupuk pertanian di kota anda, bisa juga dibeli secara online, salah satu penjualnya adalah author blog ini. Kami menjual berbagai pupuk dan pestisida secara inline melayani pembelian seluruh Indonesia, dan Root Up adalah salah satu produk yang kami jual. Pengiriman produk dilakukan dengan JNE atau Tiki, ongkis kirim ditanggung pembeli. Tari ongkis kirim biasanya 356 ribuan (antar pulau). Kalau ada yang minat silahkan hubungi 0858 3097 0741 (SMS/ call) atau 0856 6222 372 (WA).

Bagaimana cara menggunakan peransang akar pada stek batang? sebenarnya cara menggunakan terlampir lengkap pada brosur dalam kotak Root Up. Cara menggunakannya sangat mudah yakni dengan merendam ujung potongan bagian pangkal atau bisa juga dengan mengoleskan Root Up pada bagian potongan. Dengan menggunakan hormon pertumbuhan akar maka keberhasilan stek meningkat higga 80%, bahkan jarang sekali ada potongan batang yang tidak tumbuh.

Stek tanaman apa saja yang cocok menggunakan hormon peransang akar? Sebenarnya semua tanaman bisa distek, hanya saja tingkat tumbuh setiap batang/ daun tanam berbeda-beda, misalnya tunas tomat yang dipotong dari induknya lebih mudah tumbuh bila dibandingkan dengan stek tunas pohon cabe. Beberapa jenis bunga dapat dikembang biakkan dengan stek; mawar, melati, semua jenis pacar, bougenville, tekwa, seruni, dan lain-lain.


Related:

Share this article :
Fb Tweet G+