Varietas Bibit Bawang Merah Deptan

Jenis bibit bawang merah yang ditanam di Indonesia sebenarnya banyak varietas, tapi petani jarang sekali membedakan nama-namanya. Hampir semua jenis bawang merah disebut bawang kampung, adapun pembedaannya hanya jenis bawang goreng dan bukan. Bawang merah besar-besar tunggal dan bulat cenderung disebut bawang impor. Adapun bawang merah kampung tersebut sebenarnya terdiri dari banyak varietas, misalnya; Sembaranai, Katumi, kramat dan lain-lain. Petani bawang Berastagi misalnya, hampir menamai semua bibit bawang merah dengan bibit Haranggaol, padahal jenis itu hampir sudah tidak ada lagi, tapi karena mereka beli bibitnya di Haranggaol mereka menamai benih tersebut dengan Bibit Haranggaol.

Berikut ini ada beberapa jenis dan spesifikasi bibit bawang merah yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Depertemen Pertanian Repoblik Indonesia (Balitbang Deptan):

  1. Kramat 1; Mampu menghasilkan panen hingga 25 ton/ ha. Tahan penyakit layu, tapi cukup rentan terhadapa penyakit Porri. Bentuk siung bulat, warna kulit ari kering oranye (merah kekuningan). Harga bibit bawang merah kramat 1 18 ribu per kilo, Dimana bisa beli? bisa dipesan langsung di Balitbang Deptan.  
  2. Kramat 2; Mungkin dikembangkan dari kramat 1, ketahanan penyakit hampir sama. Jenis ini mampu berproduksi hingga 22 ton per hektar. Bentuk siung lebih lonjong dari kramat 1 warna kulit ari kering lebih merah. 
  3. Katumi; Jenis yang banyak diminati petani bawang dataran rendah, bisa menghasilkan 19 ton/ Ha. Siung katumi bulat gempal, warna kulit ari kering tua merah.
  4. Kuning: Cocok ditanam di dataran sedang - tinggi, memiliki siung agak lonjong dengan produksi 21 ton / ha. Jenis bawang merah ini tahan terhadap penyakit A. Porii. 
  5. Sembarani; Memiliki ciri hampir sama dengan Katumi, potensi hasing hingga 24 ton/ Ha. Varietas ini kurang cocok terhadap musim penghujan. 

*Sumber: balitbang deptan
jenis bibit bawang deptan varietas unggul

Semua jenis bibit bawang merah yang disebutkan diatas termasuk jenis bibit unggul dan dijual di Balitbang Deptan, tentang ketersediaan coba lihat di website resminya. Biasanya untuk mendapatkan bibit tanaman dari sana harus dengan sistem pesan. Harga bibit bawang deptan semuanya Rp. 18000 / Kg. Semua jenis bibit deptan sudah banyak beredar di pasaran hanya saja harganya cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan di Deptan.

Demikian informasi tentang jenis bibit bawang merah, tentang hama dan pestisida bisa dibaca di sini dan tata cara budidaya bawang dengan mulsa di sini. Sampaikan saran dan kritik melalui form dibawah, semoga bermanfaat.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+