Supaya Tanaman Bunga Mawar Cepat Tumbuh

Cara terbaik menanam bunga mawar adalah dengan stek dari tanaman induk yang berbunga besar dan tebal. Stek itu sendiri memiliki banyak kekurangan, dimana sering sekali stek batang mawar tidak menumbuhkan akar. Jika akar tidak tumbuh dalam waktu tertentu maka batang secara perlahan akan mengering dan akhirnya menjadi seoonggok ranting kering. Kasus seperti ini sering terjadi pada kita yang menanam bunga mawar seadanya saja (potong batang lalu tancapkan ke pot/ polybag).

Cara sederhana seadanya tersebut sebenarnya bisa saja berhasil, tapi untuk daerah dataran rendah dan perkotaan, cara tersebut cenderung gagal. Hal ini karena tingkat kelembaban udara sangat rendah serta suhu lingkungan terlalu tinggi sehingga mempercepat proses pengeringan batang mawar. Berbeda halnya bila kita menanam di pedesaan atau dataran tinggi, suhu lingkungan cukup rendah dan kelembaban cukup tinggi.

Untuk itu supaya tanaman mawar mudah tumbuh, sebaiknya lakukan langkah berikut pada saat menanam:

  1. Pilih batang mawar yang cukup tua, kulit batang tidak lagi berwarna hijau muda tapi hijau tua atau kecoklatan.
  2. Jangan pilih cabang yang sedang berbunga, karena bagian cabang tersebut biasanya kekurangan nutrisi cadangan makanan sebab telah diserab oleh bunga. 
  3. Potong batang, minimal terdapat 3 buku pertumbuhan daun, sebenarnya satu saja juga bisa sih tapi kalau mau lebih pasti kita minimalkan 3 saja.
  4. Potong bagian pucuk lalu tutup dengan plastik kecil ikat dengan karet gelang. 
  5. Celupkan bagian pangkal ke root boster (sejenis cairan stimulus akar, dijual di toko pupuk) atau bisa juga gunakan air perasan bawang merah. 
  6. Tanam batang mawar tersebut pada tanah bercampur kompos. Siram hingga kelembaban 60 %. 
  7. Letakkan pot/ plybag di tempat yang teduh (tidak terkena sinar matahari langsung).
  8. Setiap hari, perhatikan sisi-sisi batang agar lebih jelas terlihat pertumbuhan bakal tunas. 
  9. Perawatan hingga mawar tumbuh hanyalah penyiraman, siram setiap sore hari. 
menanam bunga mawar stek batang

Biasanya dengan cara dan langkah menanam bunga mawar diatas 90 % tanaman tumbuh dengan baik. Yang paling penting diingat adalah menutup potongan kearah pucuk dengan plastik, hal ini untuk mengurangi penguapan kadar air dari bibit batang mawar. Penguapan terlalu tinggi biasanya menyebabkan bibit stek cepat mengering dan ini akan menggagalkan proses pembibitan. 

Demikianlah cara menanam stek bunga mawar yang sering penulis cobakan dan terbukti berhasil dengan baik pada bunga mawar, melati, bougenville, stek kembang sepatu dan lain-lain. Bahkan cara seperti ini juga bisa dilakukan untuk menstek cabe merah keriting. Semoga bermanfaat... 

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: