Memberi Pupuk NPK Tanaman Cabe

Cara memberi pupuk npk pada tanaman cabe sederhana; perhatikan tabel berikut ini:
pemupukan-cabe-dengan-npk
Sumber: Booklet no. 01 Good Agriculture Practice, Budidaya Cabai Yang Baik Dan Benar, Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementrian Pertanian Repoblik Indonesia.



Sebagai awam, mungkin kita akan kebingungan memaknai gambar tabel diatas, terutama kapan itu fase vegetatif pada tanaman cabai dan kapan pula fase generatif? Untuk itu, berikut kita jelaskan agar sistem pemupukan cabe pada tabel diatas dapat diaplikasikan dengan baik dan benar.

Fase Vegetatif tanaman cabe: pengertian vegetatif disini adalah masa pertumbuhan, kapan masa vegetatif itu? Mulai sejak tanam hingga mulai muncul bunga. (jelas ya?). Adapun jumlah pupuk NPK yang diberikan pada masa pertumbuhan berdasarkan tabel diatas adalah 10 gram/ Liter air, diberi 250 cc per batang cabe, pemupukan pertama dengan sistem kocor adalah 15 hari setelah tanam (HST)

Fase Generatif tanaman cabe: Fase generatif sering juga disebut fase produksi, mulai sejak muculnya bunga hingga tanaman cabe mati. Dosis pemberian pupuk NPK di masa ini harus ditingkatkan menjadi 10 –15 gram/ liter air, dan diberi 250 cc / batang tanaman cabe. Pada umur 50 – 65 hari dan 115 hari pemupukan dilakukan dengan sistem tabur butiran NPK(tugal) dengan dosis 1 sendok makan per batang cabe (sesuai sumber diatas).

Apa itu sistem MPHP pada budidaya cabe? MPHP itu hanyalah kepanjangan dari Mulsa Pelasitik Hitam Perak. jadi maklum sajalah, peneliti kita memang kadang sok menyingkat-nyingkat kata biar keliatan keren, bikin booklet juga pake istilah ilmiah, gimana petani bisa ngerti?

Inti kesimpulan memberi Pupuk NPK pada tanaman cabe:
  • Masa vegetatif (pertumbuhan/ sejak tanam di mulsa hingga berbunga). Jenis NPK yang diberi adalah NPK 16:16:16/ 8:15:19 atau 10:20:20, dengan dosis dilarutkan 10 gram / liter air dan diberikan secara kocor 250 cc per batang tanaman, hal ini juga berlaku untuk pupuk tanaman tomat.
  • Masa generatif (mulai berbunga hingga habis panen cabe). NPK dilarutkan dengan dosis 10-15 gr/ liter air, dan dikocor sebanyak 250 cc per batang.
  • Umur 50-65 hari dan 115 hari NPK ditabur 1 sendok makan perbatang cabe.
  • Pemberian pupuk dilakukan 10 –15 hari sekali.



Demikianlah cara pemberian pupuk NPK pada tanaman cabe berdasarkan boolet Deptan, kalau ada yang masih ragu atau kurang paham silahkan ditanyakan melalui form di bawah, jika ada yang ingin mendapatkan booklet tersebut silahkan melampirkan alamat email.  Semoga bermanfaat. 

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: