Cara menanam cabe rawit dalam pot polybag

Menanam tanaman dalam plybag bukan hal yang spesial, Sebelumnya kita telah membahas cara menanam cabe merah keriting dalam polybag di sini, pada dasarnya caranya akan sama dengan menanam cabe rawit dalam polybag. Teknik ini seringg dilakukan khususnya untuk cabe pelangi (cabe hias) yang juga merupakan varian dari rawit. Berikut langkah-langkah perlu dilakukan:
Persiapan media tanam cabe di polybag:
  1. Untuk menanam dalam pot / polybag maka kita sebaiknya memilih ukuran pot/ polybag sedang saja. Ingat cabe bukanla tanaman berpohon tinggi besar, jadi kalau kita menggunakan pot ukuran besar akan kurang efektif dalam penyerapan pupuk.
  2. Untuk media tanam cabe rawit dalam pot sebaiknya gunakan humus, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1
Tahapan penyemaian biji / benih cabe rawit dapat dilakukan seperti pada cabe merah keriting (bisa dibaca di sini). Intinya tidak ada media khusus penyemaian, tapi beberapa biji langsung di tanam dalam pot. Ketika nanti bibit cabe rawit tersebut telah tumbuh semua (kurang lebih umur 10 hari) maka pilih rawit yang paling baik (daunnya paling banyak, batangnya paling besar dan tinggi), sedangkan yang lainnya dibuang saja atau dipindahkan ke pot lain.

menanam cabe rawit praktis

Perawatan tanaman cabe rawit dalam pot

Menanam cabe rawit di pot tetap memerlukan perawatan selayaknya di lahan bididaya. Diperlukan kegiatan pemupukan dan pengairan yang rutin. Berikut ini ragam cara perawatan tanaman pot polybag:
  • Pemupukan dilakukan sehari sesudah pemisahan bibit (tanaman cabe tinggal sebatang dalam pot), pupuk yang diberikan pertama kali cukup urea saja dalm jumlah sedikit (setengah sendok teh).
  • Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan dengan sistem cor (larutkan pupuk dalam air lalu siran permukaan tanah media tanam cabe rawit).
  • Pemupukan berikutnya dilakukan seminggu setelah yang pertama, selanjutnya pemupukan dilakukan seminggu sekali dengan komposisi urea + NPK + TSP dengan perbandingan 2:1:1
  • Pengairan (penyiraman) dilakukan setiap hari sejak menyemai, sebaiknya disore hari.
  • Penyemprotan zat daun, zat buah dan pestisida dilakuka bila perlu saja (karena ini bukan kegiatan budidaya cabe rawit komersil, tapi lebih pada hobi menanam tanaman dalam pot)

Cara menanam cabe seperti ini telah dilakuka penulis di halaman sendiri, dan hasilnya cukup memuaskan terutama pada cabe rawit pelangi, buahnya cukup lebat dan gemuk-gemuk. Saat ini kami juga menjual pupuk, root boster, zat daun dan buah untuk  tanaman dalam pot/polibag secara eceran (per 100gr).



Demikianlah cara tanam cabe di polybag secara umum, kesimpulannya; untuk menenam cabe dalam polybag sangat penting diperhatikan bibit yang kita gunakan, pemilihan media tanam sesuai karakteristik daerah (lingkungan), pengairan dan pemupukan. Sekali lagi menanam cabe dalam polybag tetap harus memperhatikan kaidah pemilihan bibit sesuai dengan jenis dataran tempat kita menanam, jika kita tinggal di dataran tinggi maka pilih bibit yang cocok untuk dtaran tinggi, dan begitu juga dengan dataran rendah - sedang.

Untuk informasi harga dan pemesanan silahkan hubugi 085837599050 (tlpn dan sms). Semoga artikel singkat tentang cara menanam cabe rawit dalam pot / polybag ini bermanfaat.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+