Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah

Persiapan menanam cabe rawit di halaman rumah  secara garis besar sebagai berikut; memilih pot, persiapan media tanam, memilih jenis cabe rawit, semai bibit, teknik menanam, perawatan sehari-hari berupa penyiraman, pemupukan dan pencegahan hama tanaman cabe rawit di   halaman rumah.
gambar bibit dan pot

Memilih pot untuk tanaman cabe di halaman:
Cabe rawit termasuk tanaman mudah tumbuh di mana saja, jadi wadah apapun bisa kita gunakan (pot, kaleng / ember bekas, polybag dan atau tanpa pot sekalipun). bagian bawah pot cabe rawit sebaiknya dilobangi (non hidroponik). Jika kita ingin menerapkan teknik hidroponik maka pot tiak perlu dilobangi.

Persiapan media tanam:
Non hodroponik: gunakan media tanam rawit dari campuran tanah humus + pasir + kompos dengan perbandingan 1:1:1. sedangkan untuk teknik hidroponik, media sudah pasti air, untuk penopang akar/ batang bisa digunakan batu lempung, sekam, sabut kelapa, dan lain-lain.

Semai bibit :
Menanam cabe rawit di halaman rumah non hidroponih: penyemaian bibit sebaiknya langsung dilakuka di dalam pot media tanam. Tabur beberapa benih di atas media tanam, tunggu hingga semuanya bertunas dan tumbuh, seleksi bibit; pilih tanaman cabe rawit muda yang paling banyak daunnya dan sisanya bisa dipindahkan ke pot lain atau dibuang.
Bibit cabe rawit hidroponik sebaiknya disemai di tanah, setelah umbuh setinggi 5 cm baru dipidahkan ke media tanam.

Perawatan sehari-hari:
Pemupukan: dilakukan di minggu pertama setelah cabe sudah dipisah-pisah (1 setiap pot). Pupuk yang digunakan; urea saja. Pemupukan selanjutnya dilakukan seminggu kemudian, pupuk tanaman cabe rawit cukup Urea + NPK + TSP. Pemupukan dilakukan dengan teknik cor (larutkan pupuk dalam air, lalu disiramkan ke media tanam).
Pengairan: Cabe rawit di halaman rumah harus disiram setiap hari, khususnya bila hari tanpa hujan. Penyiraman dilakukan di sore hari.
Penyemprotan hama: Dilakukan bila perlu saja, biasanya hama cabe rawit di halaman rumah hanyalah kutu daun saja. Bila masih bisa ditangani dengan manual (dibuang denga tangan) maka tidak perlu dilakukan penyemprotan pesetisida.
Penyemprotan zat daun buah dan bunga: Bisa dilakukan untuk menghasilkan cabe rawit yang berdaun dan berbuah lebat.

Itulah sekilas cara menanam cabe rawit di halaman rumah yang sederhana. Kami juga menjual bibit cabe rawit secara eceran dengan harga Rp. 15.000/ paket, juga tersedia root boster dan pupuk butiran. Informasi lengkap hubungi 0858 3759 9050 (telp/ sms) 0856 6222 372 (WA).

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: