Cara menyemai biji cabe | membuat dan menanam bibit

Menanam cabe dari biji kadang kurang efektif bila tanpa penyemaian terlebih dahulu, berikut ini beberapa hal keuntungan dan kegunaan penyemaian;

1. Dengan menyemai kita bisa mendapat bibit yang terseleksi dengan baik.

Salah satu kelebihan menanam cabe dengan terlebih dahulu melewati proses penyemaian adalah kita bisa menyeleksi bibit yang paling baik tumbuhnya. Berbeda bila kita langsung menanam biji pada lahan budidaya (media tanam), tidak ada proses seleksi hanya ada solusi menyisip bibit dari biji cabe yang cacat atau gagal tumbuh.

2. Teknik penyemaian dapat mempercepat masa budidaya cabe.

Berdasarkan banyak pengamatan di lapangan, terbukti bahwa teknik semai yang baik dapat mempercapat masa bertunasnya biji hingga tumbuh layak menjadi bibit tanaman. Biji cabe yang langsung ditanam pada lahan budidaya umumnya tumbuh lebih lambat.

3. Penyemaian dapat menghindari kerugian akibat biji gagal tumbuh.

Tidak semua biji cabe mampu tumbuh dengan baik, selalu ada biji yang kosong tidak dapat tumbuh menjadi tunas baru. Selain itu hama di dalam tanah juga sering kali menyebabkan biji gagal tumbuh, sehingga petani harus melakukan penyisipan bila budidaya cabe dengan tanam biji (tanpa penyemaian). Kegiatan meyisip tanaman ini tentu akan menambah biaya produksi. Tahukah kita bahwa sebelum biji cabe tumbuh, petani sudah mengeluarkan modal yang banyak untuk persiapan lahan tanam (penyiapan lahan, pupuk dasar, pemasangan mulsa, dll) semua itu  lebih 1/2 dari biaya produksi total.



Oleh karena itu, setiap kali hendak menanam cabe sekala kecil (rumah tangga) maupun skala budidaya, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan penyemaian. Berikut ini cara menyemai biji cabe agar tumbuh menjadi bibit yang baik:

1. Memeram biji cabe 

cara menanam biji cabe yang benar

Sumber: Booklet no. 01 Good Agriculture Practice, Budidaya Cabai Yang Baik Dan Benar, Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementrian Pertanian Repoblik Indonesia. 

Urutan cara peram biji cabe:
  1. Langsung saja lubangi plastik (bungkus) benih, jika ingin disemai semuanya. Namun jika hanya ingin sebagian saja maka siapkan pastik kosong dan lubangi.
  2. Rendam benih dalam plastik dengan air hangat (bukan air panas) selama 8 jam
  3. Tiriskan dan bungkus dengan kain tebal lembab atau gulungan tisu atau kapas. Selebihnya ikuti panduan gambar diatas.



2. Menanam / menyemai benih cabe dalam media 

cara membuat bibit cabe berkualitas
Sumber: sama dengan gambar sebelumnya.

Intinya; Tanam biji yang telah diperam pada media tanam (semai) agar lebih kuat dan cepat tumbuh. Teknik ini sepenuhnya ada di booklet yang dibagikan PPHP Deptan. Berdasarkan logika, teknik semai seperti ini juga dapat diterapkan untuk menyemai bibit tanaman tomat hidroponik maupun non hidroponik, sebab melakukan heat treatment pada biji pada dasarnya hanya bertujuan untuk mengaktifkan sel-sel pertumbuhan pada biji. Semoga bermanfaat.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: