Cara menanam cabe hidroponik

Menanam secra hidroponik sedang menjadi trend saat ini, banyak sekali kita lihat di facebook orang menshare gambar tanaman hidroponik yang dijadikan sebagai tanaman hias di halaman, dalam rumah bahkan di dapur. Menanam cabe hidroponik bisa dilakukan dengan tujuan komersil (budidaya) maupun sekedar tanaman hias saja. Cara untuk memulai berkebun cabe hidroponik ini juga cukup sederhana.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menanam cabe secara hidroponik:
  1. Penyemaian
  2. Penggunaan media tanam
  3. Kesesuaian jenis bibit cabe dengan daerah.
  4. Pemberian unsur hara (pupuk) pada media cabe hidroponik.

contoh meida tanam cabe hidroponik sederhana
sumber gambar _journal.uinsgd.ac.id
Penyemaian.
Penyemaian tanaman cabe hidroponik dapat dilakukan secara terpisah ataupun langsung disemaikan di media hidroponik tersebut. Biasanya saya langsung menyemai di pot hidroponik, hal ini mengingat media yang akan kita gunakan bukanlah tanah, sehingga pertumbuhan akar tidak akan sekuat tanaman cabe pada umumnya. Oleh karena itu lebih baik langsung disemai di media hidroponik tanpa ada proses perpindahan tanaman bibit cabe.

Tutorial Persiapan pembuatan media tanam cabe hidroponik
Media untuk menanam cabe hidroponik yang paling umum dipakai adalah serbuk gergaji atau bambu. Namun kita juga bisa memilih media lain seperti sabut kelapa atau sekam. Berikut ini cara membuat media tanam cabe hidroponik:
  • Siapkan wadah, bisa berupa pot, ember atau kaleng bekas, atau bisa juga menggunakan polybag ukuran sedang.
  • Siapkan media tanam, bisa dari serbuk gergaji, serbuk bambu, sabut kelapa, sekam padi, cacahan bongkol jagung dan lain sebagainya. Intinya bahan media tersebut haruslah mampu meyerap air.
  • Untuk memperkokoh kedudukan akar maka tambakan juga sedikit kerikil pada media tanam hidroponik.

Kesesuaian jenis bibit cabe dengan daerah.
Ini sangat penting diperhatikan, bila kita ingin mendapat hasil yang optimal maka tanamlah bibit cabe yang sesuai dengan ketinggian daerah tempat kita tinggal. Pada bungkus bibit cabe akan tertera jenis kecocokan bibit tersebut terhadap ketinggian dataran, biasanya akan tertulis “cocok untuk dataran rendah” dan atau “untuk dataran sedang - tinggi”. Jadi bila kita tinggal di kota dataran rendah maka belilah bibit cabe yang cocok untuk dataran renda. Dalam menanam cabe hidroponik, pemilihan bibit merupakan salah satu kunci keberhasilan.

Pemupukan tanaman cabe hidroponik
pemupukan sebaiknya selalu dilakukan dalam bentuk cairan, bila kita akan memberikan NPK + TSP+Urea yang semuanya berbentuk butiran, maka terlebih dahulu larutkan pupuk tersebut dengan air baru disiramkan ke media tanam hidroponik. Pemupukan sebaiknya jangan mengenai daun dari cabe tersebut. Untuk cabe hidroponik pemupukan dilakukan 2 kali seminggu.



Itulah gambaran umum tentang cara menanam cabe hidroponik yang dapat penulis sampaikan. Sekalian info bahwa penulis juga menjual bibit cabe secara eceran (Rp. 15.000,-/ paket), bibit yang saya tawarka merupakan bibit unggul, tersedia bibit cabai dataran rendah dan sedang - tinggi, informasi dapat ditanyakan ke 0856-6222-372 (Whats app) atau 0858-3759-9050 (call/ sms).


Related:

Share this article :
Fb Tweet G+