Merek Zat pengatur tumbuh meningkatkan produksi buah tomat

Dalam usaha budidaya tomat biasa digunakan berbagai jenis zat pengatur tumbuh, tujuannya untuk meningkatkan hasil produksi buah. Ada beberapa jenis fungsi dari peransang/ stimulan pertumbuhan tanaman, diantaranya;

  1. Meningkatkan tinggi tanaman
  2. Memperbanyak cabang tanaman tomat
  3. Meningkatkan bunga / bakal buah
  4. Meningkatkan bobot dan ukuran buah
  5. Meningkatakan komponen hasil produksi lainnya.
Berikut ini beberapa daftar zat pengatur tumbuh untuk meningkatkan produksi usaha bididaya tomat yang banyak beredar di pasaran saat ini:



Obat meningkatkan produksi tomat
Merek dagang Kandungan Aktif Kegunaan Produsen
ATONIK 6 L natrium orto nitrofenol
natrium para nitrofenol
natrium 5 nitroguaiakol
Stimulan; tinggi,dan
cabang tanaman
Mastalin Mandiri
DESKOR 95 WP natrium-o-nitro fenol Meningkatkan tinggi,
jumlah buah,
bobot buah dll
Deltagro Mulia Sejati
HAMADOR 25 EC lamda sihalotrin Meningkatkan tinggi,
jumlah nunga dan
buah,
harga Rp. 15.000/100 ml
Indagro
RATU BIOGEN SL asam giberelat
IAA
kinetin
zatin
meningkatkan; tinggi
jumlah cabang, bunga
dan buah/ tanaman
Trans Bisnis Indonesia
CABRIOTOP 60WG 
metiram
piraklostrobin
Pengatur tumbuh +
pengendalian hama
(pestisida + pengatur tumbuh)
BASF

sumber:Pestisida Pertanian dan Kehutanan, Direktorat Pupuk Pupuk dan Pestisida Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI

Selain merek diatas masih ada banyak lagi, diantaranya; Hantu SL, Cabrio Top 60 WG, dll. Harga zat pengatur tumbuh DESKOR 95 WP,  HAMADOR 25 EC dan lainnya bisa langsung anda tanyakan ke toko pupuk / obat pertanian terdekat di Kota anda. Kisaran harga untuk Atonik 500 Ml sekitar Rp. 65.000,- dan 15 ribua untuk ukuran 100 mili. Harga ini bisa berbeda di setiap daerah, tapi tidak akan terlalu jauh dari kisaran tersebut.

Pada dasarnya kunci keberhasilan budidaya tanaman tomat ada pada teknis efisiensi penggunaan pupuk dan obat, jika kita bisa mengkombinasikan jumlah pupuk dan obat dengan baik dan tepat maka dapat mengurangi biaya produksi. Pada dasarnya anggaran biaya paling besar dalam menanam tomat skala budidaya ada pada biaya pupuk dan obat.

Zat pengatur tumbuh diatas bisa juga digunakan untuk tanaman selain tomat, seperti kentang, cabai dan padi sawah.  Ada juga produk yang dikombinasikan atara zat pengatur tumbuh dengan pestisida, seperti Antracol dan Carbiotop 60 WG harga pasarannya sekitar Rp. 70.000,- ukuran 250 gr. Demikianlah jenis-jenis stimulan tanaman tomat berdasarkan merek dan informasi harga yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: