Pupuk Untuk Tomat

Jenis pupuk yang biasa digunakan untuk tomat adalah pupuk majemuk seperti NPK (15, 15, 15), adapun merek yang paling banyak digunakan yakni NPK Mutiara. Dari beberapa penelitian terlihat bahwa penggunaan pupuk harus sesuai dengan kondisi tanah. Bila tanah pertanian kurang subur maka biasa juga dikombinasikan dengan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang. Berikut ini dosis pupuk untuk tomat.

Dosis Pupuk Tomat
Jeis pupuk Dosis/ hektar
NPK 15 15 15 3 ton
Pupuk kandang 1,2 ton




Dosis seperti diatas sudah sangat umum dipakai untuk pupuk tomat. Berdasarkan sebuah penelitian tetnang respon pupuk majemuk terhadap pertumbuhan tanaman tomat dapat dilihat sebuah hasil seperti dibawah ini:
pupuk untuk tomat
gambar tabel diatas merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Subhan, N. Nurtika, dan N. Gunadi (balai benih tanaman sayuran lembang). Dari hasil yang ditunjjukan tabel bisa dilihat bahwa peningkatan pemberian jumlah NPK berbanding lurus dengan bobot buah yang dihasilkan. Hal ini juga selaras dengan hasil-hasil uji lapangan yang dilakukan oleh petani-petani tomat di Kabupaten Karo Sumatera utara.

Yang jadi pertanyaan adalah, berapakah dosis NPK untuk tomat yang paling memberi nilai ekonomis (efisien). Untuk itu dari berbagai haril penelitian yang penulis baca maka jumlah pupuk NPK paling ekonomis adalah 1 ton/ ha pemberian pupuk dilakukan sebanyak 3 kali sejak tanam hingga panen.

Pupuk kandang digunakan sebagai pupuk dasar diberikan seminggu sebelum tanam secara merata di seluruh area lahan. Dosis pupuk dasar yakni kandang sapi sebanyak 3 ton/ ha. Hal seperti ini juga berlaku untuk pupuk cabe.

Pupuk majemuk NPK untuk tomat diberikan secara tabur di sekeliling tanaman tanpa mengenai batang tomat. Hal ini perlu diperhatikan karena kandungan N pada NPK dapat melukai batang tomat yang masih muda. Oleh karena itu jarah ideal penaburan pupuk dari batang adalah sekitar 10 cm. Beberapa petani juga menutup pupuk dengan tanah sesaat setelah selesai dipupuk, hal ini hanya sekedar mengurangi pupuk teruapkan ke udara. Berdasarkan pengamatan, menutup pupuk dengan tanah juga cukup mempengaruhi pertumbuhan tanaman tomat.




Itulah komposisi dosis pupuk untuk tomat yang bisa penulis sampaikan. Untuk cara menanam tomat di halaman rumah bisa dilihat di sini. Semoga tulisan sederhana ini memberi manfaat, lebih kurang silahkan sampaikan melalui form dibawah ini.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: