Cara bertanam daun bawang skala kecil

Sebelumnya memahami analisa budidaya daun bawang mungkin lebih bijak, agar kita tahu untung rugi dari budidaya bawang daun di lahan sempit (skala kecil). Harga daun bawang pekilo selama setahun rata-rata +/- Rp. 8.000/ Kg, dalam 1 ha lahan bisa dihasilkan 10 ton (hasil panen). Artinya; jika kita hanya memiliki lahan seluas 1000 meter persegi (20 x 50 m) dapat menghasilkan 1 ton daun bawang / 1 musim tanam. Dengan harga jual (ulakan) Rp. 8000 maka pendapatan adalah Rp. 8.000.000,-. Masa panen daun bawang sekitar 2 bulan (minimal) dan maksimal 4 bulan.

cara bertanam daun bawang
Salah satu kelebihan menanam daun bawang adalah bisa dipanen secara bertahap, karena tanaman bumbu ini mampu tumbuh lama tanpa ada pembusukan, bahkan jika kita ingin menghasilkan daun bawang besar sebaiknya di panen di usia 2,5 - 3 bulan. Panen bertahap memungkinkan petani untuk menjual disaat harga daun bawang sedang tinggi.



Cara bertanam daun bawang skala kecil sama saja dengan teknik budidaya skala luas, sudah pernah di bahas di sini. Kunci sukses dari bertanam daun bawang ada pada masa perawatan 2 miggu ke atas. Sebab pemupukan awal dilakukan pada minggu kedua sejak ditanam.

cara bertanam daun bawang
Berikut ini cara menanam daun bawang:
  1. Siapkan lahan, buat bedengan dengan ukuran lebar 50 cm dengan kedalaman parit 20 cm. Guna bedengan ini adalah agar pemupukan lebih optimal, kontrol air berlebih serta memudahkan kita jika ingin melakukan penyiraman dengan aliran air. Bedengan sebaiknya diaduk dengan kompos, bila kondisi tanah kurang subur dengan PH tinggi / rendah tambahkan tepung dolomit.
  2. Untuk menanam daun bawang komersi walaupun skala kecil, sebaiknya gunakan bibit yang berasal dari anakan kualitas baik.
  3. Lakukan pelobangan pada bedengan dengan jarak 15 -20 cm keliling
  4. Tanam bibit daun bawang di sore hari, mulai jam 4 sore, hal ini tujuannya agar matahari tidak terlalu terik.
  5. Jika kondisi tanah bedengan terlalu kering maka lakukan penyiraman, bisa sebelum menanam bibit bawang ataupun sesudahnya.
  6. Pemupukan daun bawang pertama kali dilakukan di umur 2 minggu, pupuk yang digunakan cukup urea saja.
  7. Pengendalian hama lebih mudah dilakukan dengan penyemprotan pestisida, salah satu merek dagang pestisida yang digunakan adalah curacon (banyak di toko pupuk). Penyemprotan dilakukan 1 minggu sekali ditambah dengan zat daun.
  8. pemupukan  daun bawang selanjutnya dilakukan 2 kali 3 minggu, gunakan urea + sp.


penggunaan pestisida dan pupuk dalam bertanam daun bawang
Cara menanam daun bawang seperti diatas sama saja dengan teknik pada budidaya daun bwangang komersil skala besar (diatas 5000 meter persegi). Saya juga pernah meliha beberapa petani menerapkan cara bertanam daun bawang dengan mulsa, sepertinya teknik ini kurang efisie bila diterapkan dalam menanam daun bawang.

bertanam daun bawang di halaman rumah
Demikianlah ringkasan cara menanam daun bawang skala kecil yang banyak diterapkan masyarakat dataran tinggi seperti Padang Panjang dan Berastagi. Bertanam daun bawang seperti ini bisa juga diterapkan di pekarangan rumah.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+