Hama penyakit pada tanaman tomat

Jenis penyakit pada tomat umumnya sama dengan hama penyakit pada tanaman cabe. kerugian terbesar dialami petani tomat sering diakibatkan salah penanganan dalam mengatasi hama penyakit tomat. Setiap penyakit  harus diidentifikasi dengan benar tentang penyebab dan cara penularannya. Penyakit tomat bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya; jamur, serangga, bakteri, virus dan lingkungan. Berikut ini beberapa penyakit yang sering ditemukan di pertanian tanaman tomat.
hama penyakit tanaman tomat

Hama penyakit tanaman tomat:

Ulat buah

Ulat buah hampir pasti ditemukan pada pertanian tomat sistem terbuka. Walaupun namanya ulat buah, bukan berarti hama ini hanya menyerang buah saja tapi juga sering menyerang batang dan daun tomat. Bahayanya lagi bila ulat ini menyerang pucuk tanaman tomat, bisa dipastikan perkembangan tanaman menjadi terhambat.

Ulat buah bentuknya mirip ulat bulu, tapi bulunya tidak sebanyak ulat bulu, warnanya bermacam-macam, hijau, hijau kecokletana, kuning dan hitam. Pada budidaya sekala kecil (tanaman tomat dalam pot) pengendalian hama cukup dilakukan secara manual saja, tapi pada budidaya tomat skala besar penanganannya harus dengan penyemprotan insektisida yang tepat. Beberapa jenis obat (pestisida/ insektisida) untuk menangani hama ulat buah adalah sebagai berikut:
Decis 25 EC Produksi dari bayer, Aragon 36 EC mampu  membasmi hama ulat buah, thrips (kutu daun), Finsol 500 EC dan lain-lain. Semua pestisida tersebut mudah ditemukan di toko pupuk pertanian.

Hama kutu daun

Kutu daun juga merupakan hama penyakit tanaman tomat yang paling sering ditemui. Kutu daun biasanya berwarna hijau, hidup berkelompok di sisi bawah daun tomat ataupun cabai. Bentuknya kecil-kecil dan berkembang dengan cepat. Untuk mengatasai kutu daun skala kecil (tomat dalam pot) cukup dengan manual, diambil dan dimusnahkan. Tapi untuk menangani hama kutu daun pada budidaya tomat skala besar dibutuhkan penyemprotan pestisida yang tepat. Beberap pestisida anti kutu daun adalah sebagai berikut:
Aragon 36 EC mampu  membasmi hama ulat buah, thrips (kutu daun), Finsol 500 EC, Colombus 600 EC dan lain-lain. Semua pestisida tersebut mudah ditemukan di toko pupuk pertanian.

Hama lalat buah:

Lalat buah meneyrang semua tanaman berbuah seperti tomat, cabe, jeruk, apel dan lain-lain. Buah yang telah terinfeksi lalat buah biasanya akan jatuh ke tanah. Pada kondisi serangan akut dapat merugikan petani secara keseluruhan (gagal panen). Untuk menangani lalat buah ini diperlukan pestisida (insektisida) yang dicampur dengan perekat tujuannya agar insektisida menempel pada permukaan buah tomat dalam waktu cukup lama sehingga mampu menolak kedatangan lalat buah.  Berikut ini beberapa insektisida untuk mengatasi lalat buah:
Finsol 500 EC digunakan bersama perekat, Biocron 500EC, dan lain-lain kedua insektisida ini dijual bebas di pasaran mudah ditemukan di toko pupuk pertanian.

Hama thrips pada tanaman tomat

Thrips sering juga disebut kutu daun, tapi umumnya berwarna putih. Thrips selain mengganggu perkembangan tanaman tomat dan cabai juga dapat mengundang semut dalam jumlah banyak. Kotoran thrips ini sangat disukai oleh semut. Biasanya daun tomat atau cabai yang terkena thrips akan menjadi kriting dan sulit untuk berkembang. Bunga yang sudah ada bisa rontok secara keseluruhan. Untuk menangani hama Thrips pada tanaman tomat diperlukan penyemprotan insektisida seperti;
Aragon 36 EC, finsol 500EC, Jargon 20 EC dan beberapa merek dagang lainnya.

Adapun penyakit lain yang disebabkan oleh jamur pada tanaman tomat diantaranya:

Penyakit layu pada tomat

Biasanya penyakit ini menyerang lahan pertanian pada musim panca roba, Jamur akan membentuk kelompok pada pangkal daun tanaman tomat dan menghambat transportasi unsur hara, selanjutnya tanaman tomat perlahan akan layu dan bila tidak ditangani dengan tepat tomat akan mati. Penyakit ini sering juga disebut dengan layu fusarium pada tanaman tomat. Untuk mencegah layu fusarium (mencegah pertumbuhan jamur) dapat dilakukan dengan sanitasi sebelum tanam, meningkatkan PH tanah dengan penambahan dolomite dan pembalikan tanah sebelum masa tanam. Jangan melakukan tanam berulang terutama untuk tomat dan cabai. Adapun fungisida yang biasa dipakai untuk mengatasi layu fusarium pada tomat adalah sebagai berikut: Masalgin 50 WP dan lain-lain. Samapi saat ini belum ada fungisida yang benar-benar ampuh membasmi hama layu fusarium pada tanaman tomat ini.



Itulah beberapa hama dan penyakit tanaman tomat yang sering ditemukan di daerah-daerah pertanian, sebenarnya msih banyak jenis hama penyakit tomat beserta merek obat pertanian yang sering digunakan, tapi pada kesempatan kali ini sepertinya sudah cukup. Bila anda memiliki pertanyaan tentang jenis obat (pestisida/ fungisida, insektisida) untuk tanaman tomat silahkan melalui form dibawah ini.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+