Harga Bibit Tomat Cherry

Mungkin ada pernah jalan-jalan ke pasar buah di Berastagi atau kota lainnya, di sana kita bisa menemukan banyak penjual buah tomat cherry. Sebenarnya rasa tomat cherry ini hampir sama saja dengan tomat pada umumnya, walaupun ada yang mengatakan kalau tomat cherry lebih manis dari tomat sayur tapi menurut saya tetap saja rasanya seperti tomat yang ada kecut-kecutnya. Bibit tomat cherry bisa dibeli di toko pertanian dengan harga Rp. 10.000/ kemasan. Isi perkemasan sekitar 10 – 15 biji benih tomat cherry.

bibit dari buah tomat cherry harga per kemasan rp 10.000

Sebenarnya, buah tomat cherry yang dijual di pasaran juga bisa dijadikan untuk bibit. Caranya juga cukup mudah, kita cukuk mengeluarkan biji tomat cherry tersebut, menjemurnya hingga kering dan memilih biji berisi. Cara memilih biji yang berisi cukup di rendam dalam air, setiap biji yang tenggelam bisa dijadikan sebagai bibit, sedangkan yang terapung harus dibuang.

Tomat cherry ada banyak jenisnya; dua yang paling dikenal adalah tomat cherry red ovale, dimana buahnya cenderung lonjong seperti telur puyuh dan tomat cherry bulat. Pada dasarnya tomat cherry bulat ini sudah dikenal sejak lama di Indonesia, sering ditemukan tumbuh liar di perladangan. Peduduk Tanah Karo biasa menamai tomat cherry bulat ini dengan terung kluat.

Harga tomat cherry di pasar buah cenderung sedikit lebih mahal daripada tomat sayur, tapi berdasarkan analisa usaha tanaman tomat diketahui bahwa budidaya tomat cherry tidak bisa dilakukan dalam skala besar. Hal ini karena permintaan terhadap buah tomat cherry tidak terlalu tinggi, selain itu kulit buahnya yang tipis menjadi kelemahan daya tahan sehingga tomat ini sulit untuk didistribusikan dalam jarak jauh.

Apakah tomat cherry bisa dijadikan sayur? tentu saja bisa, bahkan masyarakan Tanah Karo mengakui bahwa tomat cherry (terung kluat) lebih enak dibandingkan dengan tomat sayur bila dijadikan sambal. Hal ini karena tomat cherry lebih mudah dilunakkan, rasanya lebih tajam dan airnya lebih banyak daripada tomat sayur.



Ada kabar beredar, bahwa tomat cherry bisa digunakan untuk diet. Saya sendiri kurang paham dengan isu kesehatan tersebut, yang pasti tomat secara umum memang mengandung vitamin c yang tinggi, selain itu juga mengandung banyak anti oksidan. Kandungan tomat cherry juga umumnya sama dengan kandungan pada tomat sayur, jadi kalau ada orang mengatakan tomat cherry bisa untuk diet (menurunkan berat badan) maka tomat sayur juga seharusnya bisa digunakan untuk tujuan yang sama. Sepengetahuan saya tomat untuk mencegah kangker prostat memang benar adanya (berdasarkan banyaknya hasil penelitian, dan publikasi media terpercaya seperti tribun news), tapi kalau tomat cherry digunakan untuk diet (menurunkan berat badan), bagaimana caranya?

Itulah sedikit bahasan tentang harga bibit tomat cherry, manfaatnya untuk kesehatan (pencegah prostat), serta opini tentang tomat cherry untuk diet. Semoga bermanfaat, oh iya kalau anda butuh dan ingin mencoba menanam tomat cherry tapi tidak tahu kemana harus beli bibit, silahkan hubingi author, kami memiliki sedikit stok bibit tomat cherry (hubungi via WA tutup sementara)

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+