Jenis Tomat Unggul Di Indonesia

Tidak lengkap rasanya blog ini bila tidak membahas tentang jenis tomat unggul yang banya ditanam di daerah pertanian di Indonesia. Artikel ini saya sandarkan pada pengalaman masyarakat tani yang ada di Tanah Karo sebelum Gunung Sinabung seperti saat ini. Info singkat; daerah dataran tinggi Tanah Karo merupakan salah satu sentra pertanian palawija yang ada di Sumatera Utara, di sana banyak masyarakat menanam cabai dan tomat dengan intensive berskala budidaya komersil.

Jenis Tomat Unggul.

Sebenarnya yang penulis maksudkan disini adalah merek dagang dari bibit tomat yang terbukti memiliki produksi tinggi, khususnya untuk daerah dataran sedang – tinggi, namun secara umum merek dagang tersebut juga memproduksi bibit tomat untuk dataran rendah. Beberapa bibit tomat unggul tersebut adalah sebagai berikut:
tomat unggul di indonesia


1. Bibit Tomat Unggul F1 Synta

Pada umumnya masyarakat pertanian dataran menengah – tinggi seperti Tanah Karo sangat mengenal jenis tomat ini. Buahnya bulat, besar dengan kulit tebal. Bibit tomat unggul ini juga tahan terhadap banyak penyakit seperti kuning daun, kriting daun dan lain sebagainya. Terkadang di area pertanian tetap kita temukan beberapa pohon tomat synta yang terkena keriting daun, namun demikian produksinya cenderung tidak terganggu. Toko pertanian sering kehabisan stok bibit ini karena banyaknya permintaan masyarakat.

Mengenai hasil; Tomat synta mampu menghasilkan produksi buah tomat hingg 70 ton / hektar. Analisa usaha budidaya tomat secara sederhana, dimana kita asumsikan harga tomat rata-rata Rp. 5000/ Kg sepanjang tahun, maka petani mampu meraih omset sekitar Rp. 350 Juta / ha dalam sekali musim tanam.



2. Bibit tomat unggul F1 Sakura.

Tomat jenis ini juga sangat populer di daerah pertanian dataran sedang – tinggi. Jenis tomat ini juga memiliki produksi tinggi, dengan masa panen yang lebih panjang daripada tomat jenis synta. Pohon tomat sakura lebih tinggi daripada tomat synta, bentuk buahnya lebih lonjong dari synta dengan kulit buah yang cukup tebal dan tahan untuk transportasi jarak jauh. Bibit tomat Sakura merupakan salah satu merek dagang produksi Panah Merah.

Jenis tomat unggul ini juga mampu memberi hasil produksi 60 – 80 Ton / ha. Tahan terhada penyakit layu bakteri dan lain sebagainya. Jenis bibit ini cenderung lebih mudah didapatkan dan banyak di jual di toko pertanian. Bagi kita yang ingin menikmati fluktuasi harga tomat maka jenis tomat unggul ini sangat cocok, karena masa panennya yang cukup lama.



Itulah dua jenis bibit tomat unggul yang banyak dijumpai di Indonesia (dataran sedang - tinggi). Sebenarnya masih banyak jenis tomat unggul lainnya seperti Saviro, Tantyna (jenis tomat unggul dataran rendah) dan lain sebagainya. Dilain kesempatan penulis akan membahas beberapa jenis tomat  unggul lainnya, semoga bermanfaat.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+