Cara menanam daun bawang skala besar dengan mulsa

Banyak artikel tentang teknik menanam daun bawang beredar di internet, tapi umumnya berdasarkan pengalaman penulisnya yang menanam dalam pot. Ketika kita berbicara budidaya, sudah pasti menanam skala besar. Budidaya bertujuan komersil bukan sekedar hobi atau memenuhi kebutuhan bumbu dapur. Oleh karena itu, karena penulis kebetulan berasal dari daerah dataran tinggi Tanah Karo, jadi duah pernah beberapa kali menanam daun bawang prei dalam skala besar.
menanam skala besar
Menanam daun bawang dengan teknik mulsa berbeda dengan teknik lama yang pernah kita tulis di sini. Perbedaanya terletak pada teknik tanam terutama mengenai pemupukan. Kita akan melakukan pemupukan dengan sistem cor (cair), bukan tabur butiran. Berikut ini teknik-langkah menanam daun bawang skala besar:

Persiapan lahan menanam daun bawang skala besar
Awal persiapan lahan sama dengan menanam skala besar tanpa mulsa, dimana kita harus melakukan penggemburan tanah dan pembedengan. Adapun ukuran bedenga yang bisa dipilih adalah 50 cm dan 60 cm, sesuai dengan ukuran lebar plastik mulsa yang umum dijual di pasaran. Tanah yang sudah digemburkan dicampur/ diaduk dengan pupuk kompos/ kandang + tepung dolomite. Jumlah pupuk kandang adalah minimal 10 meter kubik per hektar dan tepung dolomit 500 kg / ha. Tknis paling mudah adalah campur terlebih dahulu pupuk kandang dengan dolomit sebelum mengaduknya dengan tanah bedengan.

Setelah penggemburan dan pencampuran selesai, lakukan pembedengan lalu biarkan selama 3 hari. Dalam menanam skala besar hal ini umum dilakukan tujuannya agar kadar asam tidak terlalu tinggi. Pada hari ketiga lakukan pemasangan mulsa. Agar mulsa terpasang dengan rapi, dibutuhkan tenaga orang dewasa minimal 2 orang. Melobangi mulsa dengan menggunakan kaleng bekas susu bubuk atau cat 1/2 kg yang diisi dengan bara arang. Jarak lobang sekitar 10 cm.

Menanam bibit daun bawang.
Bibit yang digunakan dalam budidaya daun bawang skala besar bisa dari anakan daun bawang prei yang dijual di pasar pertanian, bisa juga dengan menyemai terlebih dahulu biji bibit daun bawang unggul. Salah satu merek bibit daun bawang biji adalah Known Your Seed (banyak dijual di toko pupuk pertanian). Pastikan bibit yang ditanam telah terpotong daunnya.



Pemupukan daun bawang
Jika kita menanam daun bawang skala besar dengan mulsa maka teknik pemupukan terbaik adalah sistem cor. Untuk itu siapkan tong besar di area budidaya untuk melakukan pelarutan pupuk. Pemupukan pertama dilakukan pada minggu kedua, pupuk yang digunakan cukup urea yang dilarutkan dan telah di biarkan selama sehari semalam. Konsentrasi urea dalam larutan antara 60 - 70%, jumlah yang diberikan setiap pokok daun bawang adalah 1 gelas (ukuran akua gelas).

Perawatan, pengendalian hama dan gulma.
Umumnya gulma pada budidaya daun bawang dengan mulsa sangat sedikit, gulma hanya akan kita temukan di parit bedengan saja. Hama tanaman yang sering menyerang daun bawang adalah ulat daun, serangga seperti belalang, dan penyakit kuning daun. Semua hama tersebut bisa dibasmi dengan pestisida. Salah satu merek pestisida yang biasa digunakan adalah curacon. Perawatan lain yang perlu diperhatikan; pengairan (penyiraman tanaman daun bawang). Pengairan bisa dilakukan dengan mengalirkan air melalui parit bedengan selama 3 jam. Penyiraman tanaman budidaya daun bawang dilakukan bila musim kemarau.

Inti dari menanam skala besar ini adalah perencanaan analisa usaha, kalau kita belum ketemu angka-angka pasti (untung rugi) maka budidaya skala besar jangan dilakukan, lebih baik lakukan terlebih dahulu uji coba di lahan kecil (1000 meter persegi). Adapun hasil yang umum didapat petani yakni sekitar 10 ton / hektar, dengan harga jual rata-rata Rp. 8000,- / kg.



Menanam daun bawang skala besar bisa untung besar jika kita menanamnya sesuai momen, tapi tidak selalu demikian, kadang ketika kita mengatur panen jelang lebaran sekalipun bisa jadi harga daun bawang di pasar sangat murah. Strategi budidaya skala besar tidak penulis bahas di sini, mudah-mudahan dilain waktu bisa kita bahas bersama. Semoga cara menanam daun bawang skala besar dengan mulsa ini cukup jelas, bila kurang jelas silahkan kirim mail diskusi melalui form dibawah. baca juga cara menanam cabe rawit dalam pot di sini.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+