Budidaya bunga melati

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang Mudah dibudidayakan, dalam skala komersil maupun dalam skala kecil sebagai tanaman hias atau pagar hidup. Dalam skala budidaya komersil, tanaman melati biasa ditanam seperti menanam terong.

Bagaimana cara menanam bunga melati?
Cara paling umum menanam melati adalah dengan stek batang. Perbanyakan atau perkembang biakan melati sangat mudah, hampir semua stek batang tua bisa dipastikan akan tumbuh asal ditanam pada kondisi tanah subur dengan kelembapan cukup (minimal 40%).

Selain dengan stek batang, melati juga bisa dibiakkan dengan tanam biji, pada dasarnya bunga melati memiliki biji yang dapat dijadikan bibit anakan. Cara menanam biji melati agar cepat bertunas sama saja dengan cara menyemai biji anggur. Disemai di area tanam dengan kelembaban cukup dan ditempatkan di tempat yang teduh atau dubawah naungan biji akan cepat bertunas. Setelah biji bertunas bisa dipindahkan ke polybag sebagai media penyemaian hingga bibit cukup kuat untuk dipindahkan ke media tanam.

Perawatan bunga melati cukup mudah, daun bunga cukup tahan terhadap hama. Bahkan daun melati bisa diolah menjadi pestisida organik. Pemupukan melati hampir tidak perlu dilakukan hingga tanaman mulai berbunga. Setelag tanaman masuk masa berbunga bisa diberi zat peransang bunga atau zat peransang tumbuh (ZPT).

Bagaimana memasarkan bunga melati? Atau kemana bunga melati bisa di jual?
Kebutuhan bunga melati sangat tinggi, setiap adanya pesta pernikahan pastilah dibutuhkan khususnya sebagai penghias penpengantin wanita, pewangi dan penghias kamar pengantin, serta sebagai bunga hias pelaminan. Selain itu, bunga melati juga banyak digunakan di berbagai acara formal maupun informal.

Dengan tingginya permintaan terhadap bunga melati, tentu seharusnya cukup mudah memasarkannya. Cara paling sederhana adalah dengan menjualnya ke toko bunga terdekat di kota anda. Hampir semua toko bunga bersedia menerima pasokan bunga melati secara rutin.

Memasarkan bunga melati secara langsung juga cukup mudah, kita tinggal memancang papan nama usaha yang menerangkan jual melati segar. Pesanan melati segar juga cukup tinggi.

Itulah cara budidaya bunga melati serta teknik pemasaran yang bisa dilakukan, yang pasti prospek budidaya bunga melati saat ini cukup tinggi.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: